10 November 2013

Rahasia Tertawa Untuk Umur Panjang


Hampir setiap hari kita melihat orang tertawa, namun banyak orang tidak tahu Rahasia tertawa untuk umur panjang. Berdasarkan itu maka dalam kesempatan ini dibuat postingan Artikel Kesehatan Tentang Rahasia Tertawa Untuk Umur Panjang, yang dikutip dari berbagai sumber terpercaya, supaya info yang disampaikan menjadi valid, akurat dan Kredible.  

Tidak dapat dipungkiri, bahwa umumnya setiap manusia ingin berusia panjang, atau umur panjang. Banyak cara yang biasa dilakukan agar manusia berumur panjang, antara lain mengkonsumsi obat-obatan, berolah raga secara teratur, mengatur pola makan sehat dan teratur. Namun demikian tidak berarti cara-cara yang dilakukan itu akan memberikan jaminan, bahwa manusia akan berumur panjang.

Tuhanlah yang menentukan panjangnya umur manusia berdasarkan takdir yang telah digariskan oleh-Nya. Namun demikian tidaklah kita diperkenankan untuk menguji Tuhan, bahwa untuk mengetahui apakah kita diberi umur panjang atau tidak oleh Tuhan, kita dapat melakukan menurut cara kita sendiri. Misalnya, menguji Tuhan dengan cara melompat dari bangunan yang berlantai 40.  Cara-cara yang demikian tidak diperkenan oleh Tuhan, dan Tuhan tidak akan menolong kita atas tindakan kebodohan kita sendiri.

Lantas, bagaimanakah cara lain yang sebaiknya dilakukan agar dapat berumur panjang? Jawabnya, bukan hanya menjaga atau merawat fisik semata, tetapi suasana batin juga harus dimasukkan dalam daftar prioritas penjagaan dan perawatan untuk hidup sehat dan berimur panjang. Suasana bathin sebaiknya dijaga dan tetap segar dengan melakukan refresh bathin.
Dapat dibayangkan betapa terganggunya bathin seseorang jika setiap hari yang ditemui hanya peristiwa menyedihkan, kekerasan dan pertikaian. Otak syaraf menjadi terganggu, tegang dan selalu was-was dalam hidup sehati-hari. Jika suasana demikian terus-menerus melanda kehidupan seseorang, maka jangan heran jika ditemui seseorang tiba-tiba stroke, atau terserang penyakit tekanan darah tinggi. Jadi refreshlah bathin anda, yang bukan hanya membuat anda segar dan terlihat awet muda, namun juga membuat seluruh anggota tubuh menjadi fleksibel dan dijauhi penyakit. 
Cara refresh bathin yang mudah dan hampir membuat anda tidak perlu mengocek kantong alias gratis saat ini, adalah tertawa. Tertawa ternyata tidak hanya membuat bathin menjadi segar, namun juga mempengaruhi anggota tubuh agar tetap sehat wal’afiat.
Hasil penelitian Dr. Lee Berk dan Dr. Stanley Tan, dokter dari Loma Linda University California. AS, dalam “Humor and Health Journal” edisi 2009 Tentang Pengaruh Tertawa Terhadap Sistem Kekebalan Tubuh,  menunjukkan dan membuktikan adanya sejumlah manfaat tertawa bagi kesehatan, yaitu antara lain sebagai berikut :
  1. Meningkatkan jumlah dan kemampuan sel-sel imun yang bertugas memerangi sel virus yang menyerang tubuh.
  2. Meningkatkan jumlah antibodi IgA (imunoglobin A) yang memerangi infeksi pada saluran napas atas.
  3. Meningkatkan aktivitas diafragma seperti kalau melakukan aerobik, sehingga menambah kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen (me).
Tertawa merupakan salah satu bagian dari ekspresi emosi manusia. Terbukti, tertawa dapat menurunkan kadar emosi manusia. Maka dari itu, tertawa, apabila teratur dan tidak berlebihan dapat berpengaruh positif bagi kesehatan. Tertawa membuat kita menjadi lebih santai dan rileks sehingga kita bisa berpikir secara jernih dengan menggunakan akal sehat.
Tertawa bermanfaat untuk kesehatan karena tertawa melepaskan energi positif yang menstimulasi otak untuk melepaskan pemikiran-pemikiran negatif maupun depresi. Menurunnya tingkat depresi dalam tubuh menyebabkan sistem kekebalan tubuh meningkat secara otomatis sehingga tubuh terasa lebih sehat dan segar. Tertawa yang sehat adalah yang lepas, gembira dan dilakukan sepenuh hati. Ketika tertawa otot-otot di wajah akan mendapatkan stimulasi, seperti sedang melakukan senam wajah dengan tujuan untuk mengendurkan ketegangan otot-otot di wajah.
Menurut dr. W.M. Roan, seorang psikiater senior, tertawa merupakan pencerminan emosi manusia, yang merupakan bagian dari spektrum emosi yang meliputi kesedihan, kegembiraan, kekagetan ketakutan, cinta kasih, kebencian, dan kemarahan. Ekspresi diri tidak hanya berwujud gerakan, tetapi juga berupa berbagai reaksi emosional yang bermacam-macam itu.

Contoh kasus :
Dampak tertawa bagi kesehatan yang ternyata sangat baik dan berpengaruh positif dikisahkan oleh Norman Causins, seorang redaktur Saturday Review di AS, menderita penyakit aneh dan langka. Penderita penyakit ini sangat tersiksa dan merasakan sakit yang luar biasa jika menggerakkan walau hanya sedikit dari bagian tubuhnya saja. Menurut dokter, kesembuhan bagi Norman sangat kecil dan berbanding 1 : 500. Berbagai obat sudah diusahakan dan dicoba, namun pasien dimaksud kesehatannya tetap tidak mengalami perubahan signifikan untuk adanya gejala membaik. 
Untuk itu atas persetujuan dr. William Hitzig yang merawat Norman, dilakukan prosedur lain dengan cara menggantikan semua obat yang diminumnya berupa memperbanyak tertawa plus mengkonsumsi vitamin C. Berbagai film komedi dipertontonkan, sehingga pasien pun bisa tertawa terbahak-bahak. 
Pada hari kedelapan, pasien sudah bisa menggerakkan jempolnya tanpa mengalami rasa sakit lagi. Terhadap pasien dianjurkan secara rutinitas tertawa selama 10 menit, dan itu dianggap berhasil untuk mengantarkannya tertidur pulas selama 2 jam. Berita baiknya, pasien berangsur-angsur sembuh dan rasa sakitnya hilang sama sekali. Berita buruknya, tidak ada berita buruk. Pengalaman itu kemudian dibukukan dalam An Anatomy of Illness.
Dalam hubungannya dengan Rahasia Tertawa Untuk Umur Panjang, Dr. Lee Berk, seorang imunolog dari Loma Linda University di California, AS, juga pernah berujar tentang tertawa. Tertawa bisa mengurangi peredaran dua hormon dalam tubuh, yaitu efinefrin dan kortisol, yang bisa menghambat dan menghalangi proses penyembuhan penyakit. 
Dalam riset lain dr. Rosemary Cogan dari Texas Tech University menemukan bukti bahwa rasa nyeri atau sakit akan berkurang setelah tertawa. Bukan hanya itu, kekebalan tubuh akibat tertawa pun bisa meningkat.
Dengan demikian tak dapat diragukan lagi jika kesehatan juga dipengaruhi oleh tertawa untuk umur panjang. Selebihnya tergantung takdir yang telah digariskan oleh Tuhan Maha Kuasa.
Dikumpulkan dari berbagai sumber          

Tidak ada komentar:

Klik to Like