23 November 2013

Pengembara dan Sepotong Roti

Kisah bijak lucu tentang pengembara dan sepotong roti, lucu dan mengandung hikmah untuk dipikirkan. Langsung saja disimak :
Pada suatu zaman hiduplah 3 orang pengembara. mereka bersahabat, baik suka maupun duka.
Sampai suatu hari mereka kehabisan bekal, kecuali sepotong roti yang selama ini mereka abaikan.
Sesaat timbul pikiran mereka untuk berbagi, namun melihat kadar roti itu tak akan mampu mengenyangkan perut mereka, maka berembuklah mereka dengan ketentuan siapa yang ditunjuk dalam mimpi mereka untuk memperoleh roti itu, dia berhak memakannya. ketiga pengembara itupun mulai tidur dengan harapan menjadi orang yang ditunjuk dalam mmpi mereka.
Keesokan harinya mereka pun masing-masing menceritakan mimpinya. Pengembara 1 bercerita, "Aku mendengar suara dari langit. Aku  akan menjadi pemimpin di daerahku, maka aku diberi hak untuk memakan roti itu".
Pengembara 2 bercerita : Aku bermimpi bertemu dengan seorang ulama. Ulama itu mengusap kepalaku dan berkata, bahwa aku akan dilimpahi kekayaan. Untuk itu aku direstui memakan roti itu".
Pengembara 3 dengan sedih berkata : "Aku tidak seberuntung kalian. Aku tidak bermimpi apa-apa, selain ada kekuatan yang membangkitkan aku dan membawaku ke tempat roti itu berada yang tidak lain agar aku memakannya....".
Mendengar itu pengembara 1 dan pengembara 2 bergegas menuju tempat roti itu di simpan, dan yang mereka temukan hanya sisa serpihan roti saja.
Demikianlah kisah bijak lucu. Atas komentarnya diucapkan terima kasih...

Tidak ada komentar:

Klik to Like